Selasa, 13 September 2016

Resensi Buku: 5 Langkah Jitu Membaca Kitab Gundul


Judul                :  5 Langkah Jitu Membaca Kitab Gundul
Penulis             :  Dr. Abdul Haris, MA
Tahun Terbit     :  2015
Penerbit           :  UMM Press
Tebal Halaman :  102
Peresensi         : Abdul Rozak Ali Maftuhin

Hingga dewasa ini masih banyak para santi, siswa, mahasiswa, dan orang-orang yang belajar bahasa Arab masih beranggapan bahwa belajar bahasa Arab sangatlah sulit ketimbang bahasa-bahasa yang lain. Hal ini bisa dilihat dari struktur atau kaidah bahasa Arab yang ruwet. Bahkan muncul sebuah kata yang menggambarkan keruwetan bahasa Arab, “bahasa Arab dalam satu kalimat berjuta tafsir”, walau hal ini dapat berlaku sebaliknya dalam sisi kelebihan bahasa Arab itu sendiri.

Belajar bahasa Arab terkesan membingungkan mengingat banyak sekali pembelajaran gramatika (kaidah) yang tak mungkin dipelajari dalam waktu singkat. Berpijak pada anggapan tersebut penulis buku “5 Langkah Jitu Membaca Kitab Gundul” ini untuk menawarkan satu buku tipis namun isinya berbobot, simpel, dan tepat sasaran. Kenyataannya seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi penulis  untuk mencoba mencari teknik dan cara lain yang lebih cepat, efisien, dan efektif untuk membaca teks-teks Arab yang tidak berharokat.

Buku ini dalam penyusunannya memperhatikan tingkat kemampuan pikiran, emosional, dan sosial pembaca. Memilih konsep-konsep gramatika bahasa Arab yang lebih fungsional. Selain itu buku ini tidak hanya sekedar mempelajari gramatika semata, adanya latihan atau evaluasi pada setiap babnya diharapkan dapat menambah pemahaman pembaca lewat latihan tersebut sekaligus melengkapi buku ini.

Peresensi pun tak mau ketinggalan. Ia juga pegiat bahasa Arab yang merasakan manfaat buku kecil ini dalam pembelajaran Qiroatul Kutub di kelas. Langkah pada buku ini dimulai dari pengenalan konsep kata yang menjadi dasar penting menganalisis kalimat, selanjutnya langka kedua yang mengenal konsep gabungan kata untuk identifikasi harokat. Langkah ketiga berisikan konsep perubahan harokat, dilanjutkan dengan memahami konsep kalimat dan perluasannya pada langkah keempat. Kemudian diakhiri dengan menganalisis struktur kalimat dengan teknik 234 yang menjadi ini buku ini. 

Buku ini dipersembahkan kepada siapa saja yang mempunyai keinginan untuk mempelajari dan memiliki kemampuan membaca teks bahasa Arab yang tidak berharokat dari mereka yang sudah pernah mengikuti pembelajaran bahasa Arab pada level dasar, namun belum bisa membaca teks bahasa Arab yang tidak berharokat. Penulis menambahkan sebuah ungkapan bahwa “mengedepankan belajar berbahasa daripada belajar tentang bahasa.”



0 komentar:

Posting Komentar