Sabtu, 27 Juni 2015

Satu Minggu bersama Infokom C Shift 5


Oleh. Abdul Rozak Ali Maftuhin


Alarm berbunyi tepat pukul 11:00, ku lihat papan pengingat yang tepat berada di atas ranjang kamar tidurku. Walaupun alarm berbunyi pada jam sekian, bukan berarti sebelum alarm itu berbunyi saya sedang tengah tertidur pulas akibat kekenyangan ketika pagi tadi. Tapi berkhusnudzonlah bahwasannya saya ada kesibukan lain yang lebih bermanfaat daripada tidur.
Tertulis dengan tegas di atas lembaran kertas putih yang menempel pada papan pengingat, bahwa “Saya tidak boleh telat mengajar teman-teman PATI 2015”. Menyikapi hal itu, seketika aku beranjak meninggalkan semua kesibukanku, kemudian menuju tempat yang di dalamnya aku dapat membersikan sekaligus menyegarkan tubuhku, sebut saja tempat itu kamar mandi.
Waktu berlalu, 20 menit bergulir. 20 menit sebelum jam shift ke 5, aku berangkat menuju Lab Infokom untuk berjumpa dengan kawan-kawanku yang akan belajar bersama dengan saya mengenai informasi dan teknologi. Tepat pukul 11:40 aku sudah berada di dalam kelas dan siap untuk belajar bersama, dengan kata lain, aku mendahului jam pembelajaran yang ditentukan.
Selamat datang di Infokom, ucap saya kepada kawan-kawan peserta PATI seraya bertanya kepada mereka perihal kabar. Terdengar jawaban yang menggelegar dengan senyum indah di masing-masing pipi manis mereka “Iya kakak, kabar saya baik”. Mendengar jawaban mereka aku bahagia, walau akan lebih bahagia lagi ketika mereka bertanya balik akan kabarku, karena di Malang ini jarang sekali ada orang yang menanyakan kabarku selain satu orang sepesial, oke stop curhat dulu.
Detik demi detik dan menit demi menit terlewati, tidak terasa sudah satu jam berjumpa dengan mereka, dan itu akhirnya saatnya berpisah dengan mereka dan dilanjut pada pertemuan kedua, karena sudah saatnya kelas saya berganti dengan shift selanjutnya.
Merasa senang, mungkin merupakan suatu hal yang pasti dirasakan oleh semua instruktur, namun kadangkala saya juga merasa sedih. Sedih bukan karena lapar-lapar ada jam mengajar, ataupun kangen rumah saat liburan. Akan tetapi saya takut apabila ada hal yang tidak maksimal dalam penyampaian saya yang menyebabkan peserta PATI kurang paham. Namun hal itu saya mencoba minimalisir dengan memperlambat tempo pembelajaran dan sering bertanya kepada mereka tentang hal yang belum dipahami.
Hingga tiba dipenghujung hari sabtu. Suatu hari yang mana kita akan mengakhiri pembelajaran PATI ini untuk selamanya, karena memang PATI hanya diadakan sekali seumur hidup bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, kecuali bagi yang tidak lulus. Sebelum menutup pembelajaran dan pembagian sertifikat, dan Alhamdulillah kelas saya lulus semua. Saya meluangkan waktu untuk meminta peserta pelatihan mengevaluasi diri saya dan rekan saya Mas Ari, dengan memberikan kritik dan saran akan pembelajaran yang selama satu minggu itu kami berikan. Berikut saya kutip beberapa form peserta, yang identitasnya saya samarkan:

1.      Mas Rozak: Saya sangat senang dengan diajarkan program ini dan santai dalam mengajar.
Mas Ari: Diajar oleh Mas Ari juga cukup santai dan tidak terlalu tegang, namun tugasnya masih kurang, terlalu banyak dan kurang mudah.

2.      Mas Rozak: Kalau memberi materi jangan terlalu tergesa-gesa kak.. emm kalau kritik tidak ada.
Mas Ari: Kakak kayaknya kalau ada di depan kayak gugup, jangan gugup ya Kak Ari, tidak ada kritikan juga buat Mas Ari.

Demikianlah secuil kutipan kritik dan saran, saya tidak mungkin memasukan semua form ke dalam postingan blog ini, karena kritingnya tangan dan banyak kegiatan lain hehe. Banyak sekali masukan dan kritikan, namun prinsip saya “Tidak ada kritikan yang tidak membangun”. Semua kritikan teman-teman berikan, akan menjadi acuan saya untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pembelajaran selanjutnya, walau mungkin yang merasakan efeknya adalah teman-teman lain di pertemuan selanjutnya.
Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman atas kerja samanya selama satu minggu ini dalam kelas kecil tapi sedikit menyenangkan ini. Pertemuan itu saya akhiri dengan berfoto bersama dengan kawan-kawan peserta Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi. Senyum ceria,, cheeeezzzz :D

~ See you again my friends ~

0 komentar:

Posting Komentar